rss

Bookmark and Share

Cara Hemat Mengakali Layar Blank Putih Pada Laptop


"Sob, layar lappy (baca:laptop) gw sering blank putih gitu kenapa ya?" tanya gw pada temen gw yg kebetulan lumayan ngerti masalah perlaptopan. "ooh, itu emang salah satu kendala Acer 4710Z tuh. Kemungkinan kabel yang nyambung ke LCD udah gak kuat panas brother"jawab nya. "ooh..gitu toh, kira-kira berapaan sob klo ganti baru?"tanya gw lagi. "kalo gak salah lumayan mahal juga tuh, sekitar 800ribuan."jawabnya. Gw langsung tercengang kaget mendengar angka yang lumayan gede itu, lalu gw coba browsing ke beberapa situs banyak juga sih yang membahas kasus ini tapi kebanyakan mereka cuma kasih pencegahan doang bukan pengobatan (heheh..kayak penyakit aje) bahkan merekomendasikan untuk dibawa ke service center yang biaya nya kurang lebih seperti temen gw bilang tadi.

Tapi hikmah browsing memberikan gw untuk faham sebab akibat kenapa lappy bisa nge-blank, yaitu :
  1. Kurangnya sirkulasi udara pada lappy, biasanya terjadi jika kita sering menaruh si lappy di atas bantal atau kasur padahal hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan lappy kita. Jadi sebaiknya jika kita memang tetap ingin menaruhnya di atas kasur sebaiknya beralaskan fan khusus si lappy (malah kalo bisa jangan cuma diatas kasur aja tapi dimana-mana pun perlu). Murah koq harganya cuma 30ribu s/d 100ribuan aja (ini yang tidak bermerek tapi tetap berangin).
  2. Getaran yang berlebihan, usahakan jangan menaruh lappy di dalam tas yang longgar. Maksudnya beli lah tas yang memang khusus lappy, karena jika tas khusus akan meredam sedikit getaran pada lappy. Pengalaman gw pribadi dulu ketika gw sedang berkendara sepeda motor karena jalanan yang rusak disertai lubang yang tidak beraturan sering banget tuh gw ngerasa tas gw kaya lagi joged dangdut tapi pas gw beli tas khusus lappy alhamdulillah gantian gw yang joged sendirian. Memang sih harga tas lappy lumayan mahal, berkisar antara 200ribu s/d 400ribuan. Tapi menurut gw sangat worth it.
Nah sekarang karena lappy kita udah terlanjur nge-blank maka gw akan berbagi tips hemat mengakali layar putih blank pada Acer 4710Z atau merk lain yang memiliki kasus yang sama, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Klik Start > Control Panel > Power Option > Power Schemes > Portable/laptop > lalu lakukan setting seperti pada gambar di bawah ini :


Lakukan setting seperti pada gambar, gampangkan? nah..maksud pengaturan ini adalah sebagai berikut :
  • Apabila si lappy tiba-tiba nge-blank putih layarnya maka jangan sentuh si Lappy sedikitpun, baik itu mouse maupun tubuhnya.(tp jika blank hitam itu artinya settingan kita bekerja jadi jangan khawatir)
  • Karena kita sudah setting turn off monitor selama 2 menit (1 menit jg gpp), maka kita harus menunggu si lappy mematikan monitornya sendiri.
  • Nah, kalo monitor si lappy udah blank hitam silahkan kita mengelus-elusnya dengan menggerakkan si tikus..ups..maksudnya si mouse. 
  • Horee... si lappy udah gak ngambek lagi, silahkan lanjutkan kerjaan anda. Hehehe..
Namun karena kondisi lappy kita sebelumnya sudah bermasalah maka sebaiknya belilah fan (kipas) khusus lappy untuk mengurangi resiko yang lebih besar dan juga belilah tas khusus lappy biar dia tidak bergoyang lagi.

Question : Bukankah pasang sistem standby lebih cepat?
Answer : Benar akan lebih cepat, tapi akan cepat juga merusak tombol power anda dan juga akan memutuskan koneksi internet jika anda sedang online.

Selamat, anda sudah tidak perlu lagi mengeluarkan uang! ^_^

Semoga bermanfaat yah..
Related Posts with Thumbnails