rss

Bookmark and Share

Tips Bermotor Sendirian di Malam Hari



BEBERAPA waktu lalu seorang teman bercerita. “Kawan kami nyaris menjadi perampasan sepeda motor. Saat berhenti di lampu merah, dia dipepet. Boncenger dari pengendara motor yang mepet menyerang dengan senjata tajam. Tapi kawan kami berhasil menangkis, meski luka sedikit, ia lolos dari perampasan,” ujar teman saya.
Kejadiannya tengah malam jelang dinihari di daerah yang sepi. Tak ada pengendara lain yang membantu. Mungkin khawatir menjadi korban. Bagaimana kita mengantisipasi agar aman dan selamat saat kita terpaksa berkendara sendirian di tengah malam?
Berikut ini ada beberapa tips, semoga bisa mengurangi risiko.


1. Perlambat sepeda motor saat melihat lampu lalu lintas menyala merah. Laju lambat tadi untuk ancang-ancang saat lampu warna hijau bisa mempercepat laju.
2. Perhatikan sekeliling Anda, jika ada gerak-gerik mencurigakan seperti menguntit, tambah kecepatan dan hentikan kendaraan di tempat yang ramai alias banyak orang.
3. Senantiasa menyimpan nomor panggilan darurat polisi di ponsel Anda.
4. Upayakan menggunakan alat perlindungan diri maksimal di luar helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu yakni menambah dengan perlindungan siku dan lutut. Kedua alat itu bisa juga berfungsi untuk menangkis serangan.
5. Tetap tenang dan jangan panik. Jika emergency bunyikan klakson secara terus menerus dan sesegera mungkin mencari bantuan.
6. Sebisa mungkin menghindari rute yang sepi.
7. Pastikan seluruh fungsi mendasar sepeda motor Anda dalam kondisi bagus, seperti rem, tekanan angin ban, tali kopling, dan bahan bakar yang cukup.
8. Pertahankan konsentrasi semaksimal mungkin karena itu jangan sekali-sekali berkendara dengan perut kosong.
9. Senantiasa berdoa demi keselamatan Anda.

Mungkin masih segudang tips lain. Senang sekali jika ada yang bersedia urun rembug. Demi keselamatan kita semua. Salam. (edo rusyanto)

sumber :http://edoibc.blogspot.com/2009/08/tips-bermotor-sendirian-di-malam-hari.html
Related Posts with Thumbnails